Saturday, November 26, 2016

Ambeien atau Wasir



Penyakit ambeien atau wasir disebabkan oleh adanya pembengkakan pembuluh darah pada bagian bawah dari poros usus, baik di sebelah dalam maupun sebelah luar lubang anus yang tampak seperti bisul, warnanya merah kebiru-biruan. Pembengkakan ini menghangi aliran darah ke perut.

Gejala 
Terasa ada tekanan panas dan gatal-gatal pada bagian poros usus, terdapat tonjolan atau bintil-bintil di sekeliling liang anus. Jika buang air besar sulit dan terasa sakit, kadang-kadang keluar darah atau ada darah meleleh dari liang anus.

Pengobatan

  1. Lempuyang wangi 3/4 jari, dicuci bersih lalu diparut. Tambahkan air bersih 2 sendok makan dan garam sedikit. Ramuan tersebut diperas dan disaring lalu diminum 2 kali sehari 1 sendok makan
  2. Rimpang temulawak 1 jari, kelembak 3/4 jari, daun kaki kuda 1/4 genggam, daun sagamanis 1/4 genggam,daun patikan cina 1/5 genggam dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Tambahkan gula aren 3 jari. Bahan-bahan tersebut direbus dengan air bersih 5 gelas hingga air rebusan tinggal separo. Sesudah dingin, air rebusan ini di saring lalu diminum 3 kali sehari 3/4 gelas.
  3. Daun patikan cina 20 gr, akar simaruba (dapat dibeli di apotik) 20 gr, daun sembung 15 gr, kelembak 10 gr. Ramuan ini ditambah 2 gelas air kemudian direbus hingga airnya tinggal separo. Minumlah ramuan ini sebanyak 3 kali sehari.
  4. Daun lidah buaya 1/5 batang dibuang durinya, dicuci bersih, lalu diparut. Tambahkan air masak 1/5 cangkir dan madu 2 sendok makan. Parutan lidah buaya diperas, disaring. Lalu diminum 3 kali sehari.

Saran
Penderita tidak diperbolehkan minum minuman keras. Memakan makanan yang pedas atau makanan yang mengandung banyak lemak, sebab lemak dapat mengndendurkan bagian dalam kulit pada usus. Berikanlah buah-buahan dan sayuran segar. Kurangi bekerja berat, tetapi lakukan olah raga ringan secara teratur.