Wednesday, December 7, 2016

Cacing Keremi

Cacing Keremi (oxyurisris Vermicularis) atau cacing kerawit adalah cacing yang berbentuk bulat seperti benang berwarna putih. Panjangnya sekitar 3 - 5 mm yang jantan dan 8 - 13 mm untuk betina. Cacing ini hidup dalam usus, khususnya pada pangkal usus bagian bawah dan usus buntu.

Gejala

Penderita sering menggaruk duburnya, gatal berkepanjangan di bagian dubur akibat keluarnya cacing, penderita biasanya menjadi cengeng dan kurus.

Pengobatan
Ada beberapa cara pengobatan, anda bisa memilih sesuai kemudahan bahan dan tempat.
  1. Getah buah pepaya yang masih muda 15 tetes. getah ini diseduh dengan air panas 1/2 gelas dan dibubuhi garam sedikit. Aduk hingga merata. Setelah dingin minum 1 kali sehari sebanyak 3 sendok makan. 
  2. Tembakau sebesar buah kenari diremas dengan air bersih 2 sendok makan. Peras dan aduk, bisa digunakan untuk melumat dubur. Lakukan 1 kali sehari setiap bangun tidur.
  3. Bawang putih 3 butir, dikupas dan dikunyah sampai halus kemudian ditelan. Setelah itu minumlah air hangat, lakukan hal ini 2 - 3 kali sehari.
  4. Akar pepaya 2 jari, bawang putih 3 butir, gula aren 3 jari. Ramuan ini dicuci dan dipotong-potong, lalu direbus dengan 2 gelas air. Didihkan hingga airnya tinggal 1/2 nya. Dalam keadaan suam-suam kuku, air rebusan ini disaring dan diminum 2 kali sehari sebanyak 1 gelas.