Wednesday, November 30, 2016

BIDUR




Penyakit bidur (gelata/urticaria) adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya zat tertentu dalam tubuh yang berasal dari makanan. Makanan yang sering menyebabkan penyakit bidur diantaranya serangga, daging babi, telur, ikan laut, cendawan dan sebagainya.

Gejala

Timbul bintik-bintik pada kulit dan warnanya merah muda, demam secara tiba-tiba, badan terasa panas dan gatal-gatal. Bintik-bintik pada kulit dan jika digaruk akan semakin besar dan melebar.

Pengobatan

  1. Rimpang temulawak 3/4 jari, dipotong-potong lalu dicuci bersih dan direbus dengan air bersih 3 gelas. Sesudah airnya kira-kira tinggal 3/4-nya. Angkat dan dinginkan. Diamkan sebentar dan setelah suam-suam kuku saring lalu minum bersama madu secukupnya (2 kali sehari 2 sendok makan).
  2. Minyak kayu putih 1 sendok makan, minyak zaitun 1 sendok makan, menthol kristal 1 sendok teh, dicampur dan diremas baik-baik. Gunakan campuran ini untuk menggosok kulit yang terasa gatal 1 - 2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.
  3. Abu dapur yang masih hangat 1 gelas, dibungkus dengan kain agak tipis. Gunakanlah untuk menggosok kulit yang terasa gatal ( 1-2 kali sehari atau sewaktu-waktu kalau terasa gatal)
  4. Daun kumis 1/3 gengam, daun meniran 1/4 genggam, klembak 1/2 jari, gula aren 2 jari. Ramuan ini dicuci kemudian dipotong - potong pendek, lalu direbus dengan air 3 gelas dan biarkan airnya tinggal 1/2-nya. Sesudah dingin air rebusan disaring lalu diminum 2-3 kali sehari 1/2 gelas.