Sunday, November 27, 2016

ASMA




Asma adalah penyakit sesak napas. Penderita asma biasanya napasnya berbunyi mencuit diiringi batuk. Asma disebabkan oleh suatu penyakit alergik (sangat peka terhadap sesuatu yang masuk dalam tubuh).


Gejala
Pernapasan terasa sesak dan sulit, ruang dada agak mengembung, ludah hanya sedikit dan sangat pekat. Badan terasa lemah dan kadang-kadang muka menjadi kebiru-biruan.

Pengobatan
Ada beberapa resep yang dapat digunakan sebagai pengobatan, anda bisa memilih sesuai kemudahan dalam mendapatkan bahan.

  1. Ambil kencur secukupnya, parut lalu peras. Air hasil perasan ini dicampur dengan madu 2 sendok makan dan 1 butir telur ayam. Kocok dan diamkan sebentar barulah diminum. Untuk obat luarnya, daun sirih kira-lira 7 lembar dicampur lada putih 1 sendok teh ditumbuk lalu dicampur dengan minyak kayu putih secukupnya. Gunakanlah ramuan ini untuk menggosok dada dan leher.
  2. Daun randu (kapuk) yang masih muda 6 helai, dicuci bersih, digiling halus lalu diseduh dengan air panas 1/2 cangkir. Tambahkan madu 1 sendok makan. Sesudah suam-suam kuku, air rebusan disaring dan diminum 2 kali sehari 2 sendok makan.
  3. Bawang putih 10 butir, dicuci, dipotong-potong seperlunya, kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal 3/4nya. Sesudah dingin, air rebusan disaring lalu diminum 3 kali sehari satu gelas. Pada setiap gelas, tambahkan madu 1 sendok makan.