Saturday, November 26, 2016

PRAKATA



Timbulnya keinginan untuk menghimpun resep - resep obat tradisional dalam bentuk buku sederhana ini, sebenarnya didorong oleh beberapa faktor. Faktor utama yaitu kesadaran terhadap pentingnya melestarikan warisan nenek moyang yang amat berfaedah agar tetap bisa dimanfaatkan generasi berikutnya. Faktor lainnya yaitu sampai saat ini masih banyak penduduk yang belum terjangkau sistem pengobatan moderen.
Tidak perlu dipungkiri banyak keterbatasan peran dokter dalam membantu orang. Seperti diketahui lebih dari 25 persen penduduk Indonesia belum terjangkau pengobatan moderen. Bagi masyarakat seperti ini, baik karena kawasan terpencil ataupun karena kesulitan transportasi, peranan resep obat tradisional sangat banyak membantu. Tak ada yang memungkiri manfaat resep tradisional, terlebih kalau digunakan sebagai pertolongan pertama sebelum berhasil dibawa ke rumah sakit. Sementara itu pula, bagi mereka yang tak berhasil dengan sistem pengobatan moderen seringkali beralih mencoba resep tradisional.
Resep obat tradisional adalah sistem pengobatan tradisional yang mayoritas menggunakan ramuan dari tumbuh-tumbuhan. Bahan ramuan ini umumnya terdapat di sekitar tempat tinggal. Resep obat tradisional yang dihimpun dalam buku ini bersumber dari berbagai buku, dan informasi masyarakat. Resep-resep ini juga diseleksi yang mudah diperoleh dan diramu.
Buku ini belumlah dikatakan sempurna untuk mewadahi resep-resep yang jumlahnya ribuan. Oleh karenanya penyusun tetap terbuka menerima kritik dan tanggapan atau menerima resep-resep baru yang belum termuat dalam buku ini.