Friday, December 2, 2016

Bronkhitis




Penyakit ini timbul karena radang cabang batang tenggorokan (bronchia). Bronkhitis disebabkan oleh basil yang beterbangan di udara sekitar. Penyakit ini ada 2 macam : bronkhitis biasa dan bronkhitis menahun. Kedua jenis penyakit ini mudah menular dan beralih menjadi radang paru-paru (TBC).

Gejala
Sering batuk-batuk pekat disertai lendir, rasa nyeri dan panas pada bagian dada kadang-kadang pada tulang dada. Sulit bernapas dan terasa sesak, kadang-kadang diikuti kenaikan suhu badan.

Perawatan
  1. Orang aring 1 batang, rumput bolong 1 batang, daun bayam duri 1/3 genggam, adas 1 sendok teh, pulosari 1/2 jari, kayu angin 1/4 genggam, gula aren 3 jari. Bahan-bahan ini dicuci bersih dan dipotong seperlunya. Rebuslah dengan air bersih 4 gelas dan biarkan sampai airnya tinggal 1/2-nya. Sesudah dingin disaring lalu diminum 2 kali sehari 1/2 gelas.
  2. Daun poko 1/3 genggam, daun patikan kerbau 1/3 gengam dicuci lalu digiling halus. Bubuhi 2 sendok makan minyak jeruk sitrun dan remas baik-baik. Lumaskanlah pada leher lalu balut. Lakukan 2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.
  3. Bunga sepatu 2 kuntum, dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Beri air masak 1 gelas dan garam sedikit. Peras dan saring lalu minum 2 kali sehari 2 sendok makan.
  4. Daun kaki kuda /2 genggam dicuci lalu direbus dengan air bersih 3 gelas. Setelah airnya tinggal 3/4 bagian, dinginkan lalu diminum dengan madu seperlunya. Lakukan 2-3 kali sehari 1/2 gelas.