Wednesday, November 30, 2016

Bisul




Bisul (furunculus) adalah suatu infeksi dari kulit yang disebabkan oleh basil stapphylococ. Basil-basil itu masuk kedalam kulit melalui kelenjar minyak, kelenjar keringat, dan kantong rambut, kemudian menimbulkan radang yang berisi nanah. Nanah ini berasal dari basil-basil yang mati akibat perlawanan sel-sel darah putih dalam tubuh.

Gejala
Mula-mula timbul seperti jerawat atau benjol-benjol kecil makin lama makin meluas dan bertambah besar. Kulit membengkak, keras, dan agak kemerah-merahan, serta terasa panas dan sakit agak dalam.

Pengobatan

  1. Daun kembang telang biru 1/3 genggam, daun srikaya 1/4 genggam, daun nangka belanda 1/3 genggam, daun senokombang 1/4 genggam, gula aren 3 jari. Bahan-bahan ini dicuci dan dipotong-potong seperlunya kemudian direbus dengan air bersih 3 gelas. Setelah airnya tinggal kira0kira 3/4-nya dinginkan dan saring. Minumlah 2 kali sehari 1/2 gelas.
  2. Asam jawa yang sudah lama 3 jari, rimpang temulawak 1 jari, biji kasturi 3 biji, gula aren 2 jari. Cuci bersih lalu tumbuk sampai halus. Setelah halus, bahan ini direbus dengan air bersih 3 gelas. Biarkanlah sampai airnya tinggal kira-kira 3/4-nya. Sesudah dingin, air rebusan disaring lalu diminum 2 kali sehari 1/2 gelas.
  3. Daun kangkung 20 lembar, dicuci dan digiling halus. Beri air garam seperlunya. Bisul dan sekelilingnya diurap dengan ramuan ini kemudian dibalut. Gunakan 2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.
  4. Daun sosor bebek 6 lembar, dicuci dan digiling halus. Bubuhi air garam seperlunya. Bisul dan sekelilingya diurap dengan ramuan ini lalu dibalut. Gunakan 1 - 2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.
  5. Daun sirih 5 lembar, dicuci bersih dan digiling sampai halus. Urapkanlah pada bisul dan sekelilingnya lalu dibalut. Gunakan 1-2 kali sebanyak yang diperlukan.