Saturday, December 3, 2016

Busung Lapar




Penyakit busung lapar disebabkan oleh kekurangan protein. Akibatnya, tekanan osmosis koloid sangat lemah sehingga air dalam jaringan-jaringan tidak dapat masuk kedalam pembuluh balik kapiler. Kulit menjadi busung atau bengkak.

Gejala

Badan terasa lemah, muka atau warna kulit pucat, retak-retak dengan noda  hitam dan mudah luka, nafsu makan dan aktivitas berkurang. Kaki dan tangan sering kesemutan, perut membesar (busung), serta bengkak-bengkak pada sekujur tubuh.

Perawatan

  1. Serbuk biji semangka 1 sendok makan diseduh dengan air panas ¾ gelas dan 3 madu sendok makan. Suam-suam kuku, air seduhan tersebut diminum 2 kali sehari 3 sendok makan.
  2. Kedelai/kacang hijau ½ mangkok, dicuci lalu direbus dengan air besih 1 liter hingga airnya tinggal ¾ bagian, dinginkan lalu minum airnya 2kali sehari 1 gelas.
  3. Kulit kamboja 3 jari, daun prasman 1 genggam, dan landap kuning ½ genggam, dicuci lalu ditumbuk halus. Remaslah dengan minyak jarak 5 sendok makan. Gunakanlah untuk mengurut anggota tubuh yang bengkak 1 kali sehari sebanyak yang diperlukan.
  4. Daun legundi 2 genggam, direbus dengan air bersih 5 liter. Gunakanlah air rebusan ini untuk merendam tubuh 1 – 2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.
  5. Akar kelintang 10 jari, dicuci bersih lalu ditumbuk halus-halus. Diberi air garam seperlunya. Gunakanlah untuk menggosok seluruh tubuh 1 – 2 kali sehari.