Monday, November 28, 2016

Batuk Rejan




Penyakit batuk rejan ( batuk gonggong atau tussis convulsiva) termasuk penyakit anak-anak yang mudah menular. Apalagi anak-anak dibawah usia 5 tahun. Cara penularannya melalui batuk, bersin, dan muntahan si penderita. Basil-basil akan berkembang dan dihisap oleh anak-anak lain.

Gelaja

Serangan batuk datang dengan tiba-tiba pada malam atau pagi hari. Pada setiap serangan, penderita akan batuk beberapa menit yang diiringi muntah dahak yang agak pekat. Batuk ini diiringi suara gonggong seperti suara bangkong. Selama batuk, wajahnya kelihatan merah kebiru-biruan, urat leher tegang dan matanya berair.

Pengobatan

  1. Daun waru yang masih muda 6 lembar, daun jintan 10 lembar, buah mengkudu yang sudah masak 1 buah, bidara upas 1/2 jari. Bahan-bahan ini ditumbuk halus kemudian diberi air masak 3/4 jari dan madu 1 sendok makan. Terakhir ramuan ini diperas lalu disaring. Minumlah 2 kali sehari 2 sendok makan.
  2. Bunga dan daun kembang telang masing-masing 4 kuntum dan 18 lembar, adas 1/2 sendok teh, pulosari 1/2 jari, dan bawang merah 1 butir dicuci bersih kemudian ditumbuk halus. Setelah itu diberi air masak 3/4 gelas dan madu 1 sendok makan. Peras dan saring lalu minum 2 kali sehari 2 sendok makan.
  3. Daun semanggi 1/2 genggam dicuci bersih lalu direbus dengan air bersih 3 gelas. Biarkanlah airnya tinggal 3/4-nya. Sesudah dingin, air rebusan disaring dan diminum dengan air gula 2 kali sehari 1 gelas.