Tuesday, December 6, 2016

Cacing Gelang



Cacing gelang  (Ascaris lumbricoides) banyak dihumpai dalam usus halus manusia. Cacing – cacing ini bertelur dan terbawa kotoran manusia keluar tubuh. Bentuknya seperti cacing tanah, bisa dilihat tanpa mikroskop. Penularan cacingan adalah akibat  tangan yang kotor terkontaminasi telur-telur cacing gelang di luar tubuh, kemudian melalui makanan masuk ke usus dan bertelur di dalam usus.

Gejala

Perut buncit, tetapi badannya kurus, rambut seperti rambut jagung, lemas dan cepat lelah, muka pucat, mata belekan, diare berulang dan kembung, kolik tidak jelas. Anak-anak menjadi cengeng dan badannya sering demam. Nafsu makan berlebihan, tetapi selalu diambil oleh cacing dalam perutnya.

Pengobatan

  1. Buah nanas yang masih muda dan cukup besar 1 buah, dikupas dan diparut, diberi madu 2 sendok makan. Diperas lalu disaring dan diminum 1 kali sehari ( wanita hamil dilarang menggunakan resep ini)
  2. Serbuk buah pinang 1 sendok, dicuci lalu digiling halus. Seduh dengan air panas ½ gelas dan madu 1 sendok makan. Suam-suam kuku diminum 1 kali sehari sebanyak yang diperlukan.
  3. Zakar kelengkeng 1 ½ jari, biji pinang yang sudah tua ¼ buah, buah pepaya yang masih muda ¼ buah, gula aren 3 jari. Semua bahan dicuci dan dipotong seperlunya. Rebus dengan 2 gelas air bersih, biarkan mendidih sampai tinggal ¾ nya. Dalam keadaan hangat disaring. Diminum 2 kali sehari setiap minum 1 gelas.